Kenali Bahaya Sering Mendengkur Tingkatkan Darah Tinggi

Mendengkur merupakan suara yang keluar saat seseorang terjadi mengalami gangguan dalam saluran aliran udara yang melewati mulut bagian belakang mulut dan hidung, saat seseorang sedang terlelap dalam tidur maka otot dalam saluran aliran udara akan menyempit. Lidah ke belakang menuju saluran aliran udara dan bergetar berlawan dengan lemahnya langit – langit dalam mulut yang bersifat lunak dan anak lidah yang seperti melemahnya otot – otot serta tenggorokan yang lain saat sedangmenerik dan menghembuskan nafas. Semakin lama ia terlelap maka otot – ototnya akan semakin rileks dan ini menyebabkan ia harus bekerja lebih keras untuk menghirup udara melalui tarikan udara yang melewati bagian dalam pada setiap nafas maka terjadilah kondisi mendengkur. Kenali Bahaya Sering Mendengkur Tingkatkan Darah Tinggi.

kenali-bahaya-sering-mendengkur-tingkatkan-darah-tinggi


Ngorok atau sebutan lainnya ialah medengkur yaitu suatu gangguan yang sudah umum terjadi dan ini biasanya cukup mengganggu terlebih bagi orang yang sudah memiliki pasangan. Mendengkur juga sudah umum terjadi di masyarakat dengan 25% perempuan dan 40% laki – laki. Berikut di bawah ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan tidur Anda mendengkur :

  • Gangguan Hidung

Pada saat seseorang sedang mengalami demam, flu atau polip maka kemungkinan besar mereka untuk mendengkur lebih besar. Saat mulut seseorang tertutup dan hidungnya tersumbat ini akan menyebabkan ia menarik nafas dengan kuat agar ia bisa bernafas. Dan hal ini akan meningkatkan tekanan yang berdampak buruk dalam saluran aliran udara.

  • Posisi Tidur Terlentang

Sebagian orang mendengkur terjadi akibat dari posisi tidur yang terlentang dan gaya berat mungkin dijadikan kambing hitam sebagai penyebabnya. Ketika mereka memiringkan tubuh, maka otot – otot dan jaringan di tenggorokannya akan lebih rileks serta akan naik menuju saluran aliran udara

  • Faktor Usia

Penurunan kelenturan otot – otot dan jaringan dalam saluran aluran udara yang berada dibagian atas bisa menyebabkan seseorang mendengkur. Pada wanita biasanya terjadi mereka yang sudah kehilangan hormone progesterone dan menyebabkan terjadinya penurunan kelenturan otot yang akhirnya menyebabkan kondisi mereka mendengkur. Faktor gangguan tenggorokan, mereokok, mengkonsumsi obat penenang dan kelelehan juga menjadi penyebab seseorang mudah mendengkur.

Kenali Bahaya Sering Mendengkur Tingkatkan Darah Tinggi

  • Tekanan Darah Tinggi

Mendengkur bisa menyebabkan darah tinggi atau hipertensi meningkat dan ini sudah diteliti oleh para peneliti yang ahli dibidangnya. Semakin parah tingkat mendengkur maka semakin berat juga darah tinggi atau hipertensi meningka dan sayangnya hal ini juga bisa terjadi pada anak – anak.

  • Penyakit Jantung

Dampak buruk lainnya bisa mempengaruhi jantung yang menjadi salah satu faktor resiko yang bisa mengakibatkan penderitaya meninggal bahkan menjadi penyebab utama masyarakat di Amerika meninggal pada tahun 2005.

  • Stroke

Penyakit lainnya yang bisa disebabkan akibat mendengkur merupakan stroke, peningkatan darah kental pada penderita orang yang mendengkura atau ngorok menjadi penyebab utama meningkatnya stroke.

  • Diabetes

Sleep apnea menyebabkan metabolisme pada tubuh terganggu hingga tidak terjadi lagi glukosa dan resisten pada insulin. Diabetes tipe 2 ini juga menjadi salah satu penyebab kematian utama pada insulin secara efektif dan menunjukan bahwa sleep apnea menajdi penyebab utama terjadinya diabetes.

Tips Menghentikan Kebiasaan Mengorok

  • Tidur menyamping
  • Kurangi berat badan
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Jangan merokok
  • Jangan mengkonsumsi obat tidur
  • Segera obati alergi
  • Hirup uap air sebelum tidur
  • Tidur dengan waktu yang cukup
  • Tinggikan posisi kepala saat tidur

Demikian artikel Kenali Bahaya Sering Mendengkur Tingkatkan Darah Tinggi semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah berkunjung ke Pengobatan Hipertensi.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *