Batasi Asupan Garam Demi Mencegah Hipertensi

Batasi Asupan Garam Demi Mencegah Hipertensi,- Penyakit yang disebut-sebut sebagai sillent killer ini sering kali datang tanpa menunjukan gejala atau tanda apapun dan garam adalah salah satu faktor yang sering kali disalahkan saat seseorang mengidap penyakit ini.

Mengkonsumsi garam dengan jumlah yang berlebih bisa menyebabkan seseorang mengalami hipertensi atau darah tinggi dan tidak hanya itu saja karena hipertensi merupakan penyakit yang dapat memicu datangnya penyakit lain seperti ginjal dan jantung.

Batasi Asupan Garam Demi Mencegah Hipertensi

Garam Dan Penahan Cairan

Hipertensi atau darah tinggi merupakan kondisi dimana darah yang seharusnya mengalirkan darah dalam pembuluh darah lebih cepat dan keras dari biasanya.

Tekanan yang tidak normal ini bisa menyebabkan pembuluh darah melemah dan sebenarnya garam juga diperlukan untuk tubuh namun dalam jumlah dan batasan yang normal untuk mengkonsumsinya karena bermanfaat untuk menahan cairan ketika cuaca sangat panas atau setelah berolahraga yang bisa mengelurkan keringat.

Tapi beda lagi jika garam dikonsumsi secara berlebihan maka akan merusak ginjal dan mengolah gram akan menahan cairan lebih banyak dari pada yang seharusnya di dalam tubuh.

Kelebihan cairan di dalam tubuh akan menaikkan volume darah seserang dan ini berarti pembuluh darah akan membawa cairan lebih banyak daripada biasanya. Beban berlebih yang dibawa oleh pembuluh darah akan meningkatkan tekanan darah di dalam dinding pembuluh darah.

Hormon Adrenal Dan Garam

Kelenjar adrenal memproduksi satu hormon yang disebut dengan Ouobain dan kelenjar ini akan lebih banyak memproduksi hormon itu saat seseorang mengkonsumsi garam dalam jumlah yang banyak.

Fungsi dari hormon Ouobain ini dapat menyeimbangkan kadar garam dan kalsium di dalam pembuluh darah tapi saat konsumsi garam meningkatkan maka produksi hormon Ouobain akan mengganggu keseimbangan garam dan kalsium di dalam pembuluh darah.

Garam Dan Penyakit Komplikasi

Mengkonsumsi garam dalam kadar yang banyak akan mempersempit dan menahan aliran darah. Maka dari itu ginjal akan memproduksi hormon Renin dan Angiostenin agar pembuluh darah utama bisa mengeluarkan tekanan darah yang besar sehingga pembuluh darah pada ginjal bisa mengalirkan darah seperti biasanya.

Tekanan darah yang tidak normal ini akan mengakibatkan seseorang mengalami hipertensi tipe sekundar yang disebabkan oleh masalah pada bagian tubuh lainnya atau ginjal. Sangat disarankan mengkonsumsi garam 1500-2000 mg perharinya atau setara dengan satu sendok teh.

Nah itulah informasi mengenai Batasi Asupan Garam Demi Mencegah Hipertensi jadi mulai sekarang kurangi jumlah asupan garam Anda jika lebih dari yang telah kami jelaskan. Terlebih jika sudah didiagnosa hipertensi harus segera diobati.

Posted by : Obat Hipertensi

Related Post Pengobatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *