Benarkah Diet DASH Mampu Turunkan Darah Tinggi ?

Hipertensi merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja termasuk anak – anak. Oleh karena itu Anda harus menjaga pola makan dan gaya hidup sehat agar terhindar dari jenis penyakit yang dikenal sebagai silent killer ini karena gejalanya yang tidak terasa secara signifikan maka banyak penderita hipertensi yang meninggal akibat tidak tertolong. Berikut kami sampaikan kepada Anda yang masih penasaran mengenai, Benarkah Diet DASH Mampu Turunkan Darah Tinggi ?

Baca : Pengobatan Hipertensi

Dash adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension atau pola makan terbaru yang sudah banyak terbukti untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol.

Diet DASH ini didasarkan pada prinsip-prinsip makan sehat, selain untuk menurunkan tekanan darah manfaat lainnya juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, stroke dan kanker. Diet yang satu ini bisa mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat serta tidak ada larangan makan, hanya saja pola makan sehat yang bermanfaat.

Baca Juga :

Jika Anda mengikut gaya diet DASH maka akan banyak mengkonsumsi buah – bauahan serta sayuran yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak, daging tanpa lemak, kacang – kacangan, ikan, unggas dan biji-bijian. Diet yang satu ini berfokus untuk menurunkan kolesterol, lemak jenuh serta sejumlah protein yang kaya akan vitamin, serat dan mineral.

Benarkah Diet DASH Mampu Turunkan Darah Tinggi

Benarkah Diet DASH Mampu Turunkan Darah Tinggi ?

Berdasarkan penelitian yang disponsori oleh National Institutes of Health (NIH) mengatakan bahwa diet sehat ini bisa menurunkan tekanan darah atau hipertensi setara dengan obat – obatan. Hasil yang ditujukan juga cepat dan banyak orang yang sudah melakukan jenis diet DASH ini serta mengalami penurunan tekanan darah yang cepat dalam kurun waktu empat belas hari.

Hal lainnya yang juga bisa mendukung untuk menurunkan tekanan darah diantaranya menurunkan berat badan, berolahraga secara rutin serta melakukan gaya hidup sehat. Diet DASH berbeda dengan diet lainnya dimana, diet yang satu ini kaya akan mineral, tinggi serat serta rendah lemak jeruk yang mampu menurunkan hipertensi. Banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi banyak buah – buahan dan sayuran bersama dengan susu rendah lemak yang saat ini masih kurang di minati oleh warga Indonesia.

Baca Juga :

Ketika Anda sedang melakukan proses diet DASH Anda bisa memilih makanan apa saja yang bisa membantu menurunkan darah tinggi serta menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Jadi kenapa tidak mencobanya mulai dari sekarang ? Diet yang satu ini sudah banyak memberikan dampak baik bagi khususnya mereka yang memiliki masalah kesehatan darah tinggi serta kolesterol. Tentunya disini Anda harus menjaga pola makan sehat yang lebih memperbanyak untuk mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran serta susu rendah lemak.

Karena mengkonsumsi suplemen atau obat – obatan yang mengandung bahan kimia meskipun memberikan dampak yang cepat, tapi Anda juga tidak bisa menutup mata bahwa obat yang mengandung bahan kimia cepat atau lambat akan menunjukan adanya efek samping pada tubuh Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *