Benarkah Penderita Gagal Ginjal Tidak Boleh Banyak Minum ?

Benarkah Penderita Gagal Ginjal Tidak Boleh Banyak Minum

Benarkah Penderita Gagal Ginjal Tidak Boleh Banyak Minum ?

Informasi yang mengatakan bahwa kurang minum menjadi penyebab utama seseorang terkena penyakit gagal ginjal ternyata tidak benar karena faktanya penderita gagal ginjal justru tidak diperbolehkan untuk minum terlalu banyak, jika Anda belum tau alasannya sebaiknya untuk tetap melanjutkan membaca artikel kami ini yang berjudul benarkah penderita gagal ginjal tidak boleh banyak minum ?

Berdasarkan penjelasan dari Dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, pakar ginjal dan hipertensi dari Universitas Indonesia. Beliau mengatakan penderita gagal ginjal tidak boleh minum terlalu bayak jika tidak ingin terjadi komplikasi yang tidak diharapkan. Karena pasien gagal ginjal bisa mengeluarkan air melalui kencing sehingga air menumpuk di dalam tubuh.

Penumpukan cairan seperti ini bisa membahayakan kondisi komposisi kimiawa di tiap – tiap organ. Jumlah garam dan elektrolit dalam cairan tubuh berubah serta salah satu dampaknya adalah cepat lelah dan menjadi mudah jatuh karena tubuh kekurangan garam serta natrium.

Sedangkan resiko yang lebih fatal apabila terjadi penumpukan cairan di otak dan jika cairan masuk ke sekitar sel otak akan menjadi encer sementara di dalam sel tetap dan akan terjadi penyerapan cairan. Sel otak bisa membengkak dan hal ini bisa memicu adanya kematian.

Maka dari itu, anjuran mengenai banyak minum tetap ada batasannnya terlebih bagi orang yang sudah lansia dan mengalami gagal ginjal. Tetapi, kurang minum juga kurang bagus untuk tubuh dan kelebihan minum air putih juga tidak sehat khususnya jika kondisi ginjal tidak berfungsi dengan baik.

Saat usia seseorang sudah mencapai 65 tahun ke atas maka idealnya asupan air antara 1 sampai 1,5 liter setiap harinya dan lansia dianjurkan setidaknya 1 liter perhari karena sistem tubuhnya yang sudah kurang maksimal membuang air dengan baik.

Dan pemahaman mengenai kurang minum bisa menyebabkan gagal ginjal sudah dibantah oleh dokter ginjal. Menurut dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH dari Rumah Sakit MRCCC Siloam, penyebab sakit ginjal ada beragam dan tidak bisa dikatakan hanya karena kekurangan minum saja.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung ke Obat Hipertensi , agen resmi obat herbal terpercaya.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *