Fungsi dan Peranan Ginjal Dalam Tubuh Manusia

Obat Hipertensi | Fungsi dan Peranan Ginjal Dalam Tubuh Manusia -, Ginjal merupakan organ yang sangat penting untuk tubuh manusia dan tentunya maka dari itu ginjal harus dijaga dan di rawat dengan baik agar tidak mengalami masalah atau gangguan yang bisa menghambat aktifitas sehari – hari Anda.

Taukah Anda penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja dan tidak mengenal mengenai jenis kelamin, usia, kaya serta miskin, oleh karena itu mejaga pola asupan makanan untuk menjaga ginjal agar tetap sehat harus diperhatikan.

Fungsi dan Peranan Ginjal Dalam Tubuh Manusia

fungsi-dan-peranan-ginjal-dalam-tubuh-manusia

Berikut ini beberapa fungsi dan peranan ginjal sebagai organ vital bagi tubuh manusia diantaranya :

  • Menyaring Darah

Fungsi ginjal yang pertama ini sangat penting untuk menyaring makanan dan minuman yang kita makan dan proses lewat pencernaan harus disaring terlebih dahulu karena jika tidak maka bisa Anda bayangkan hasil dari proses pencernaan akan menghasilkan banyak zat toksin dan zat sisa dan apabila tidak disaraing bisa membahayakan kesehatan tubuh dan tubuh akan meracuni tubuhnya sendiri. Dalam seharinya ginjal harus menyaring 200ltr perharinya dan menghasilkan 2ltr zat sisa dan air.

  • Mempertahan Keseimbangan Asam dan Basa

Peranan ginjal dalam tubuh yang lainnya, mempertahanan keseibangan dari asam dan basa dengan cara mengeluarkan kelebihan asam atau basa melalui urine saat bekemih.

  • Mengekskresikan zat – zat yang merugikan tubuh

Ginjal juga bisa mengeluarkan zat – zat yang dapat merugikan tubuh seperti asam urat, creatin, amoniak dan urea, bakteri serta garam anorganik dan obat – obatan karena jika tidak dikeluarkan bisa menjadi racun bagi tubuh.

  • Memproses Ulang Zat – Zat

Dalam kondisi ini ginjal akan memproses kembali zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh ke dalam darah seperti garam, air dan asam amino . Proses ini disebut juga dengan reabsorpsi.

  • Mengatur Volume Cairan Darah

Serta yang terakhir dari fungsi dan peranan ginjal yaitu mengatur volume cairan dalam darah agar tidak kering dan sebaliknya kebanjiran akibat air menumpuk atau tidak terbuang hingga menyebabkan penyumbatan dan menjadi salah satu penyebab gagal ginjal.

Fungsi dan Peranan Ginjal Dalam Pembentukan Sel Darah

Selain kelima fungsi di atas yang sudah di sebutkan, ginjal juga berperan dalam mengatur keseikbangan serta kandungan kimi dalam darah dan mengendalkikan kadar gula di dalam darah. Fungsi lainnya yaitu mengendalikan hormon yang dihasikan ginjal (Eritroprotein) dan berfungsi untuk merangsang peninkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

Apabila fungsi dan peranan ginjal sudah terganggu dan mengalami masalah, maka bisa dikatakan Anda mengalami sakit ginjal dengan berbagai faktor penyebab seperti penyakit diabetes serat kadar gula yang tinggi dan melebih batas normal dan tekanan darah tinggi.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *