Gejala Dan Penyebab Penyakit Diabetes

Gejala Dan Penyebab Penyakit Diabetes

Selamat datang di Pengobatan Hipertensi Dan Darah Tinggi sebelum membahas mengenai judul di atas mari kita simak terlebih dahulu tentang diabetes yang terkadang disebut juga dengan penyakit kencing manis atau gula darah. Termasuk ke dalam salah satu kategori penyakit serius, berawal dari kadar gula dalam darah yang meningkat sehingga mengganggu cara kerja sistem metabolisme di dalam tubuh.

Seseorang yang kekurangan insulin dapat terkena diabetes karena insulin merupakan sebuah zat yang dihasilkan oleh prankeas untuk mengolah glukosa atau zat gula darah dan menghasilkan energi. Mengetahui sejak dini tentang penyakit diabetes bisa memperkecil peluang terserangnya diabetes cara awal untuk memeriksanya adalah dengan mengecek gula darah.

diabetes

Penyebab Penyakit Diabetes

  • Tipe 1

    Sistem imun yang berada di dalam tubuh Anda yang seharusnya berfungsi untuk melawan virus atau bakteri justru malah menyerang hormon insulin sehingga prankeas tidak bisa menghasilkan insulin dengan cukup

  • Tipe 2

    Kondisi prediabetes yang dapat memicu adanya penyebab diabetes tipe dua, sel berubah menjadi resisten kepada hormon insulin. Keadaan seperti menyebabkan prankeas tidak mampu mengahasilkan insulin yang cukup. Alih – alih dialirkan ke dalam sel justru malah menyebabkan gula menumpuk di dalam darah. Belum ada penyebab yang pasti mengenai ini, meskipun kemungkinan jumlah lemak yang berlebih dan perilaku pasif bisa memicu terjadinya hal ini.

  • Gestational Diabetes

    Plasenta memproduksi sebuah hormon untuk menahan kehamilan dan membuat sel lebih resisten kepada insulin. Seiring berjalannya waktu dan plasenta yang semakin membesar pada bulan ke-2 dan 3 hormon itu akan semakin banyak menghasilkan.

    Terkadang prankeas tidak bisa merespon insulin dan ini membuat glukosa akan bertambah menumpuk di dalam darah sehingga tidak terserap ke dalam sel.

Gejala Diabetes Pada Wanita

Seringkali adanya gejala khusus yang terjadi pada wanita tidak mereka sadari, berikut adalah gejala – gejala yang muncul dan harus diwaspadai dan segera berkonsultasi kepada dokter.

  • Kadar kolesterol yang tinggi dibandingan dengan pria
  • Wanita yang sedang mengalami depresi juga bisa menyebabkan dirinya terkena diabetes
  • Keseimbangan hormon terganggu atau polycystic ovarian syndrome
  • Fungsi hormonal terganggu karena darah tidak mengalir dengan lancar
  • Mudah terkena infeksi jamur pada area organ intim
  • Timbulnya keputihan secara berulang

Perlu Anda ketahui penyakit diabetes memang harus segera di atasi karena jika tidak bisa menyebabkan penyakit kronis lainnya seperti hipertensi. Mungkin sebagian orang belum mengatahui bagaimana diabetes bisa menjadi salah satu pemicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Maka untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan baca Hubungan Antara Hipertensi Dan Diabetes.

Terima kasih sudah berkunjung semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait : Stress Menyebabkan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *