Gejala Gagal Ginjal Ini Banyak Tidak Disadari Penderitanya

Pengobatan Hipertensi-, Gejala Gagal Ginjal Ini Banyak Tidak Disadari Penderitanya-, Gagal ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang telah melewati beberapa tahap tertentu dan menyerang penderitanya berbagai faktor. Biasanya pada tahap awal penyakit gagal ginjal ditandai oleh tidak berfungsinya sekitar 20% ginjal. Dan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan ginjal kronik atau kerusakan ginjal hingga 80% dan ini disebut dengan gagal ginjal.

gejala-gagal-ginjal-ini-banyak-tidak-disadari-penderitanya

Salah satu cara mencegah gagal ginjal adalah dengan mengetahi gejala yang muncul pada tahap awal dan berikut gejala gagal ginjal ini banyak tidak disadari penderitanya.

  • Sekitar Mata Bengkak

Pembengkakan yang terjadi disekitar area mata menjadi masalah yang ginjal yang serius, kemampuan ginjal untuk menyaring semua racun dalam tubuh sudah sangat buruk sehingga terjadi penumpukan protein dalam tubuh dan berimbas pada mata, jika sudah seperti ini harus mendapatkan perawatan dari dokter.

  • Nafsu Makan Turun

Gejala gagal ginjal yang lainnya adalah nafsu makan berkurang, bukan berkurang seperti biasanya tapi tidak dalam batas yang wajar dan ginjal yang buruk akan menyebabkan banyak racun dalam tubuh sehinggan mempengaruhi proses metabolism dalam tubuh dan menyebabkan penderita gagal ginjal merasa frustasi.

  • Kram Otot

Biasanya penderita gagal ginjal akan mengalami kram otot dan ini lebih sering terjadi pada malam hari, karena tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang berasal akibat dari gangguan fungsi ginjal. Biasanya dipengaruhi ketika tubuh tidak memiliki kadar kalsium yang cukup.

  • Busa Dalam Urin

Tanda gagal ginjal yang lainnya adalah banyak busa yang ditemukan pada urin, busa yang terlihat mirip seperto gelembung yang akan langsung terlihat ketika urin keluar. Penyebab hal ini terjadi adalah karena sudah banyak protein yang menumpuk di dalam urin.

  • Sulit Tidur

Pada kebanyakan kasus yang ditemukan, penderita gagal ginjal akan merasakan gejala sulit untuk tidur karena ginjal sudah mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyaring cairan denagn benar dan menyebabkan banyak racun dalam tubuh serta tubuh akan merasa tidak nyaman karena adanya tekanan cairan dalam tubuh.

  • Sulit Berkonsentrasi

Salah satu gejala gagal ginjal yang ini sering kali tidak dibisa diprediksi oleh penderitanya, sulitnya berkonsentrasi bukan hanya bisa disebabkan karena gagal ginjal saja tapi juga penyakit lainnya. Hal ini bisa terjadi saat otak tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang cukup sehingga menyebabkan sel-sel syaraf dalam otak tidak bekerja dengan baik.

  • Sakit Kepala Berat

Indikasi lain yang bisa menunjukan seseorang terkena penyakit gagal ginjal adalah sakit kepala berat, di tahap awal, sakit kepala masih biasa-biasa saja namun seiring waktu sakit kepala akan menjadi lebih parah dan mengganggu aktifitas penderitanya. Penyebab yang biasanya mengakibatkan hal seperti ini adalah karena kekurangan sel darah merah dan otak tidak memiliki kadar oksigen yang cukup.

  • Perubahan Warna dan Pola Air Kencing

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk menyaring semua cairan dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan melalui salura kencing. Dan air kencing yang menjadi zat buangan dari tubuh menjadi petunjuk apakah ginjal sakit atau tidak dengan memperhatikan warna serta pola air kencingnya.

  • Tubuh Bengkak

Ciri gagal ginjal yang lainnya adalah tubuh menjadi bengkak, kondisi bengkak ini biasanya terjadi pada tangan, wajah, kaki dan betis. Ini terjadi karena cairan yang seharusnya disaring dan dikeluarkan oleh ginjal menjadi menumpuk dalam tubuh. Gejala ini sering kali bersamaan dengan berat badan yang turun dan tubuh terligat gemuk serta rambut yang terus rontok.

  • Gatal dan Muncul Ruam Kulit

Ginjal berfungsi untuk membuang racun dalam semua tubuh, ketika ginjal sudah kehilangan fungsinya maka bisa terjadi penumpukan limbah yang berlebihan dalam darah bisa dimenyebabkan gatal dan kemudian muncul ruam merah ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan mineral yang membuat jaringan kulit menjadi mengalami reaksi. Bahkan yang lebih parahnya rasa gatal bisa dirasakan merasuk hingga ke tulang.

Untuk mencegah penyakit gagal ginjal, Anda harus mengatahui kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal ini penting untuk Anda mengetahuinya terlebih jika Anda sudah terkena penyakit gagal ginjal.

Dan salah satu penyebab sakit ginjal adalah karena mengkonsumsi obat-obatan, biasanya ini sering kali terjadi pada mereka yang mengidap darah tinggi karena penderita hipertensi diharuskan untuk mengkonsumsi obat hipertensi setiap harinya.

Pengobatan yang dilakukan untuk cara mengobati gagal ginjal juga berbagai macam cara mulai dari pengobatan medis atau mengkonsumsi obat herbal yang terbuat dari bahan – bahan alami dan tentu saja ini tidak akan menyebabkan kerusakan yang lebih para pada ginjal.

| Gejala Gagal Ginjal Ini Banyak Tidak Disadari Penderitanya

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *