Kebiasaan Buruk Pemicu Terjadinya Darah Tinggi

Kebiasaan Buruk Pemicu Terjadinya Darah Tinggi

Kebiasaan Pemicu Terjadinya Hipertensi – Tekanan darah tinggi atau disebut dengan darah tinggi yang termasuk penyakit berbahaya jika tidak segera diatasi dan dilakukan pencegahan. Darah tinggi menjadi kondisi tekanan darah pada pembuluh darah arteri lebih dari normal. Pembuluh arteri adalah pembuluh darah yang berfungsi untuk mempompa darah dari jantung ke seluruh organ jaringan tubuh. Perlu anda ketahui bahwa tekanan darah normal berkisar antara 120/70 mmHg dan jika lebih dari itu maka dapat tergolong hipertensi. Ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa tekanan darah 130/80 juga masih dapat tergolong normal, dapat juga tergantung referensi yang digunakan.

Ada beberapa kebiasaan buruk pemicu terjadinya hipertensi yang perlu diketahui, diantaranya :

Pola Makan

Pola makan dapat berpengaruh besar pada hipertensi atau darah tinggi. Makanan utama yang dapat menyebabkan terjadinya darah tinggi adalah makanan yang mengandung tinggi kalori, lemak, garam, kolesterol dan karbohidrat. Jika anda memiliki pola makan yang sering mengonsumsi jenis makanan seperti diatas, sebaiknya anda segera beralih ke pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang tepat pada porsinya secara pas tidak kurang dan tidak lebih.

Kurang Olahraga

Kurangnya aktivitas fisik tidak hanya buruk untuk kesehatan tetapi dapat juga untuk memicu terjadinya hipertensi. Biasanya dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi seperti orang yang bekerja di kantoran dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga.

Stress

Ketika mengalami stress hormon adrenalin dapat meningkan sewaktu kita berfikir terlalu keras (stress). Apabila hal ini terjadi, jantung akan memompa darah lebih cepat dan tekanan darah pun akan meningkat. Stress juga dapat menyebabkan seseorang menjadi cenderung makan makanan lebih banyak atau juga dapat sebaliknya tidak memiliki nafsu makan.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan (obesitas) dapat menjadi salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi pada remaja dan kebanyakan wanita. Body Mass Index (BMI) dapat menjadi salah satu acuan standar untuk mengetahui tubuh seseorang obesitas atau tidaknya.

Sleep Apnea

Penyakit sleep apnea adalah salah satu penyakit yang dapat meningkatkan resiko terjadinya darah tinggi. Karena sleep apnea dapat memicu untuk terjadinya stress yang bisa menjadi salah satu penyebab darah tinngi.

Rokok, Alkohol dan Kafein

Kebiasan mengonsumsi alkohol, rokok dan kafein dapat memicu untuk terjadinya hipertensi. Jika anda termasuk orang yang menyukai kopi, rokok atau alkohol ada baiknya untuk segera meninggalkan kebiasaan tersebut agar dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa memicu untuk terjadinya hipertensi. Segera lakukan pengobatan hipertensi dan mencegah kambuhnya hipertensi dengan beralih pada pola hidup yang sehat dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *