Khasiat Susu Kedelai Untuk Hipertensi

Khasiat Susu Kedelai Untuk Hipertensi

Khasiat Susu Kedelai Untuk Hipertensi -, Kondisi dimana tekanan darah sistolik melebihi angka 140 mmHg serta diastolik lebih dari 90 mmHg ini merupakan seseorang yang sedang mengalami tekanan darah tinggi. Tanda yang sering kali ditunjukan oleh penderita hipertensi sendiri biasanya leher kaku atau cengeng, pusing, mata berkunang – kunang serta terkadang mengeluh mual dan muntah karena tingginya perfusi darah yang mengalir ke otak. Penyakit yang satu ini merupakan menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kronis lainnya seperti stroke, jantung serta ginjal.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Sakit Ginjal

Meskipun hal ini tidak akan berlangsung dalam jangka waktu yang cepat seperti menurut The Seventh Report of The Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation and Treatment of High Blood Preasure kira – kira memerlukan kurun waktu 4 hingga 5 tahun.

Penderita darah tinggi harus terus mengkonsumsi obat hipertensi terlebih jika obat yang mereka konsumsi merupakan obat yang mengandung bahan kimia maka bisa jadi dalam jangka waktu panjang terjadi kerusakan pada ginjal, maka disarankan untuk mengkonsumsi obat hipertensi yang terbuat dari bahan – bahan alami jika bisa.

Baca Juga : Batasi Asupan Barang Demi Mencegah Hipertensi

Ada berbagai macam cara untuk menurunkan darah tinggi dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin. Susu kedelai memiliki efek yang baik untuk penderita hipertensi yaitu antihipertensi.

Mengkonsumsi 500 ml susu kedelai dalam sehari mampu menurunkan tekanan darah tinggi sistolik hingga 18.4 mmHg dan diastolik 15.9 mmHg serta tekanan MAP juga menurun menjadi 16.7 mmHg. Hasil seperti ini bisa Anda dapatkan setelah mengkonsumsi susu kedelai 3 bulan berturut -turut. Dan satu penjelasan lagi, bahwa penelitian ini hanya efektif untuk mereka yang mengidap hipertensi esensial atau darah tinggi yang tidak diketahui apa penyebabnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hipertensi Dengan Melakukan Yoga

Susu kedelai mengontrol darah tinggi, kandungan seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh merupakan salah satu komponen yang dapat membantu dalam mengatur dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Dan di samping itu ada kandungan asam folat, vitamin E serta B6 yang mampu mencegah terjadinya penyakit jantung serta tekanan darah tinggi yang diminimalisir kandungan magnesium pada susu kedelai.

Susu kedelai memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terlebih untuk menurunkan darah tinggi namun meskipun seperti itu Anda harus mengetahui secara hati – hati efek samping dari mengkonsumsi susu kedelai karena memili senyawa yang bisa saja berbahaya untuk tubuh.

Baca Juga : Suka Makan Kentang Goreng Hati – Hati Hipertensi

  • Kedelai mengandung fitat yang dapat mencegah penyerapan mineral
  • Kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yang kadang – kadang bisa memblokir hormon estrogen dan mempunyai efek buruk uhtuk jaringan tubuh manusia

Dan ada beberapa orang yang sebaiknya tidak boleh mengkonsumsi susu kedelai yaitu mereka yang menderita sakit kanker payudara, kelainan pada bayi dan kerusakan otak.

| Khasiat Susu Kedelai Untuk Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *