Macam – Macam Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Macam – Macam Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

makanan sehat stroke
Pengobatan Hipertensi Atau Darah Tinggi – Makanan di bawah ini selain baik untuk kesehatan juga bagus untuk membantu penderita stroke, menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi. Berikut macam – macam makanan untuk penderita stroke diantaranya:

  • Buah – buahan segar yang harus dikonsumsi setiap hari, karena masing – masing buah memiliki vitamin dan antioksidan serta nutrisi yang berbeda. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengkonsumsi berbagai buah – buahan setiap harinya.
  • Produk susu yang rendah kadar lemaknya
  • Memilih makanan yang tidak memiliki lemak jenuh dan mengurangi mengkonsumsi makanan yang terdapat lemak jenuh dan trans di dalamnya. Menghindari minyak yang sudah terhidrogenasi parsial.
  • Mengkonsumsi daging atau ayam tanpa lemak dan memasak daging tanpa menggunakan lemak trans atau jenuh
  • Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti gandum, Anda juga bisa mengganti nasi dengan beras mentah, gandum dan oat meal serta jenis – jenis karbohidrat lainnya yang juga mengandung serat tinggi.
  • Mengkonsumsi ikan sedikitnya dua kali seminggu agar tetap mendapatkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh
  • Memasukan macam – macam jenis sayuran hijau dan orange yang mengandung banyak kandungan nutrisi karena itu sangat baik untuk penderita stroke. Kacang kering dan kacang polong juga sehat untuk dikonsumsi setiap harinya. Juga wortel yang mengandung betakaroten dan bagus dikonsumsi karena dapat membantu mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah.
  • Anda bisa mengolah atau memasak makanan dengan menggunakan minyak zaitun yang memiliki kandungan senyawa zaitun hydroxytirosol yang dapat mengatasi pembuluh darah yang menyempit dan menyebabkan stroke.

8 Jenis macam – macam makanan di atas tadi merupakan menu sehat bagi penderita stroke yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit stroke dengan cepat jika mendisiplinkan diri dalam menghindari larangan makanan untuk penderita stroke.

Umumnya penderita stroke akan kehilangan nafsu makan dan sebagian penderita lain akan kesulitan ketika menelan makanan dan gerakan lengan yang terbatas. Berikut merupakan tips agar memudahkan penderita stroke untuk makan.

Apabila masalahnya karena lemah pada bagian lengan dan tangan, Anda bisa mencoba peralatan makan adaptif ada beberapa jenis sendok yang memiliki pegangan tebal dan mudah digunakan.

  • Jika kesulitan menelan, sebaiknya berdiskusi dengan dokter
  • Memilih jenis makanan yang lembut seperti sup rendah sodium, yoghurt, pisang dan sereal panas.
  • Memotong makanan menjadi kecil – kecil agar mudah dikunyah
  • Memilih makanan yang berwarna – warni, karena visual juga berpengaruh untuk meningkatkan nafsu makan misalnya wortel, sayuran hijau gelap dan salmon.
  • Makanan sehat dengan rasa yang kuat misalnya buah jeruk dan ikan panggang. Bisa juga dengan menambahkan rempah – rempah sebagai pengganti garam dan menambah rasa.

Terima kasih sudah berkunjung, itulah informasi mengenai macam – macam makanan sehat untuk penderita stroke semoga dapat bermanfaat.

Baca : Penyebab Dan Gejala Penyakit Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *