Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Sakit Ginjal

Pengobatan Hipertensi -, Makanan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terserang penyakit tertentu seperti sakit ginjal, dan menjadi satu keharusan bagi Anda yang sedang sakit untuk mengkonsumsi makanan yang sehat saat sedang terserang penyakit untuk mempercepat proses penyembuhan dan sama halnya dengan artikel mengenai makanan yang disarankan untuk penderita sakit ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh dan berbagai jenis makanan yang Anda konsumsi berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ginjal Anda. Dan berikut beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita ginjal :

  • Mengkonsumsi diet rendah protein
  • Membatasi garam, fosfor, kalium serta elektrolit lainnya
  • Membatasi cairan
  • Mendapatkan cuku kalori apabila Anda kehilangan berat badan

Ginjal yang sehat akan berpengaruh juga terhadap kondisi tubuh Anda dan begitu juga sebaliknya serta faktor penyebab sakit ginjal beberapa karena asupan pola makanan yang tidak terjaga.

Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Sakit Ginjal

makanan-yang-disarankan-untuk-penderita-sakit-ginjal

  • Putih Telur

2 buah butir putih telur memiliki kandungan 110 mg sodium, 7 gram protein, 10 mg fosfor dan 108 mg potassium

Salah satu sumber protein yang dapat memberikan kualitas tinggi serta mengandung asam amino esensial adalah telur putih dan disamping itu sangat baik jika dijadikan sebagai salah satu jenis diet makanan untuk ginjal.

  • Stoberi

Dalam setengah cangkir,  mengandung 1 mg sodium, 13 mg fosfor dan 120 mh sodium. Buah yang satu ini sangat ampuh sebagai anti kanker dan ginjal. Kandungan anthocyanin, dua fenol dan ellagitannis sangat penting untuk membentuk struktur tubuh.

  • Ikan

Mereka yang mengidap sakit ginjal tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kandungan protein maka dari itu daging merah, udang, atam dan lainnya dilarang. Tapi karena daging ikan memiliki kandungan omega-3 yang kaya maka bisa mengurangi peradangan seperti ikan mackapel dan ikan salmon serta tuna.

  • Yoghurt

Karena penderita ginjal harus membatasi asupan mineral dalam tubuhnya jadi untuk mengganti kekurangan itu maka penderita ginjal disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt yang menjadi salah satu mineral karena memiliki kandungan prabiotik yang sehat untuk ginjal serta mengusir bakteri jahat. Tetap perhatikan takarannya.

  • Paprika Merah

Papria merah disarankan oleh beberapa ahli sebagai makanan penderita ginjal karena dipercaya mampu mengurangi sakit ginjal serta mencegah kanker. Kandungan yang terdapat di dalamnya vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, asam folat.

  • Bawang Merah dan Bawang Putih

Salah satu khasiat dari bawang merah adalah sebagai penghilang racun di dalam tubuh serta membersihkan ginjal dan sebagian orang beranggapan bawang merah bisa menjadi obat batu ginjal.

Sedangkan untuk bawahng putih, memperbanyak mengkonsumsi bawang putih bisa mencegah proses oksidasi dan pembekuan darah serta mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh dan menghindari peradangan. Dan disarankan untuk mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

  • Anggur Merah

Selain stoberi, anggur merah juga sangat baik untuk ginjal. Karena anggur merah memiliki sifat detoksifikasi atau pembersih sama halnya yang ada dalam buah Apel. Meskipun seperti itu Anda tidak boleh mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak cukup dua sampai tiga buah dalam satu hari.

Penderita ginjal hanya diperboleh untuk mengkonsumsi kalori sebanyak 35 perkilogram dalam satu hari dan dikalikan dengan berat tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral 500 mililiter perhari nya jadi mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan kandungan kalsium tidak diperbolehkan serta karbodhidrat dan protein yang tinggi.

| Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Sakit Ginjal

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *