Ketahui Penyebab dan Gejala Gula Darah Tinggi

Ketahui Penyebab dan Gejala Gula Darah Tinggi -, Penyakit gula darah tinggi atau dalam istilah lainnya dikenal dengan penyakit hiperglikemia adalah suatu kondisi dimana jumlah glukosa dalam plasma darah lebih dari kadar normalnya. Gula darah yang terdapat dalam darah bisa mencapai lebih tinggi dari 11,1 mol / (200mg/dl) tapi dalam kebanyakan kasus penderita gula darah tinggi biasanya akan mulai mengetahuinya setelah plasma darah berada di level 15 hingga 20 mol. Pengukuran gula darah ini dilakukan dalam satuan milimol per liter (mm/l)yang sudah dijadikan standar pengukuran gula darah di dunia.

Kadar gula pada tubuh seseorang akan berubah setelah makan atau belum makan dan sedang puasa. Maka dari itu jika Anda akan melakukan pengecekan gula darah sebaiknya berikan informasi sebelum atau sesudah makan dengan jenis makanan yang saat itu Anda makan karena bahan dan cara pengolahan makanan juga bisa menjadi faktor gula darah seseorang.

Nah, setelah Anda mengetahui sedikit mengenai gula darah. Sekarang kami akan membahas mengenai ciri dan tanda gula darah tinggi pada seseorang berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Ketahui Penyebab dan Gejala Gula Darah Tinggi

Ketahui Penyebab dan Gejala Gula Darah Tinggi

Setiap penyakit pastinya memiliki ciri dan tanda tersendiri meskipun tidak semua jenis penyakit akan menunjukan tanda atau gejala yang siginifikan. Berikut di bawah ini beberapa gejala gula darah tinggi.

  • Sering Merasa Lelah

Orang yang sering merasa kelelahan bahkan tidak melakukan pekerjaan berat, tidak hanya terkena anemia saja melainkan menjadi ciri penderita diabetes serta gula darah yang tinggi. Gejala yang satu ini mungkin menjadi salah satu tanda yang banyak di rasakan oleh sebagian besar orang yang mengidap diabetes dan gula darah tinggi. Penderita akan menjadi cepat lelah saat melakukan aktifitas bahkan jika itu adalah aktifitas yang tidak berat sekalipun jika dibandingkan dengan orang yang memiliki gula darah normal.

  • Dehidrasi

Ciri atau tanda lainnya yang menyerang penderita gula darah tingi yaitu sering merasa haus dan selalu ingin minum. Kondisi karena penderita kelebihan gula darah tinggi yang akan kekurangan cairan di dalam tubuhnya dengan cepat. Rasa haus yang ada pada tubuhnya membuatnya ingin minum dengan citra rasa yang manis atau minuman dingin dan es. Jika Anda merasa sering mengalami hal seperti ini sebaiknya cek gula darah Anda.

  • Emosi Yang Mudah Meluap

Tanda lain yang bisa Anda lihat pada penderita gula darah tinggi adalah mudah emosi dan sering meluapkannya tanpa memiliki pertimbangan sebelumnya. Terkadang emosi seperti ini dipicu tanpa adanya alasan yang jelas. Inilah yang menjadi salah satu tanda bahwa penyakit Anda sudah cukup serius dan harus segera mendapatkan penanganan.

  • Penglihatan Terganggu

Penderita yang mengalami kelebihan gula darah tinggi juga merasakan pandangannya menjadi kurang jelas atau kabur bahkan bisa sampai mengalami uta. Jika orang sudah mengalami hal ini biasanya akan memeriksakannya kepada dokter untuk mengalami kadar gula darah pada tubuhnya. Sebaiknya untuk segera mendapatkan pengobatan agar tidak semakin parah.

  • Sering Buang Air Kecil

Mereka yang mengidap kadar gula darah tinggi juga biasanya sering buang kecil terutama pada saat malam hari dan hal ini juga menjadi penyebab mengapa penderita diabetes akan lebih mudah merasa haus.

  • Luka Tidak Sembuh – Sembuh

Bagi Penderita hiperglikemia yang sudah mengidap diabetes kronis terutama jenis diabetes basah maka bisa mengalami luka yang tidak sembuh. Terlebih jika tingkat diabetes sudah cukup tinggi dan luka yang Anda alami sudah bisa dikatakan parah maka tidak menutup kemungkinan hal ini bisa menyebar kemana – mana.

  • Berat Badan Menurun Drastis

Jika Anda tidak sedang dalam program diet dan mengalami penurunan berat badan yang drastis sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda termasuk melakukan pengecekan kadar gula darah karena gejala seperti ini banyak dialami oleh mereka yang mengidap kadar gula darah tinggi dan diabetes.

  • Sering Kesemutan

Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namannya kesemutan, tapi jika kesemutan yang Anda rasakan terlalu sering maka patut di waspadai dan dicari apa penyebabnya karena bisa jadi ini merupakan gejala dari gula darah tinggi.

Demikian informasi mengenai penyebab dan gejala gula darah tinggi, semoga penjelasan yang kami berikan bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung ke website Pengobatan Hipertensi. Sehat Selalu.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *