Bahaya Akibat Tekanan Darah Tinggi

Bahaya Akibat Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah penyakit mematikan yang secara perlahan dapat membunuh penderitanya dan sekarang ini penyakit hipertensi sudah banyak menyerang berbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga dewasa. Hipertensi terjadi apabila tekanan darah tinggi seseorang melebihi batas normal.

retinopasi hipertensi

Hipertensi sendiri terdiri dari dua jenis yaitu primer dan sekunder yang sudah pernah kami jelaskan sebelumnya. Penyakit darah tinggi sangat merugikan penderitanya dan resiko paling tinggi ialah kematian.

Bahaya Tekanan Darah Tinggi


1. Menyebabkan Penyakit Stroke

Hipertensi adalah salah satu penyebab utama yang memicu terjadinya stroke, berdasarkan banyak kasus yang ditemukan penderit stroke mengalami hipertensi. Maka apabila Anda menyadari terkena penyakit hipertensi sebaiknya segera diobati untuk meminimalisir terkena serangan stroke.

2. Ginjal

Hipertensi memiliki dampak buruk bagi tubuh dan menimbulkan beberapa gangguan terhadap ginjal, gejala – gejala yang sering ditimbukan adalah :

  • Perut terasa sakit
  • Sulit buang air kecil
  • Keluar darah saat buang air kecil dan besar
  • Keinginan buang air kecil dan besar yang serung namun hanya sedikit

3. Mudah merasa marah

Dampak buruk yang sering terjadi pada penderita hipertensi ialah marah, tidak bisa menjaga atau menstabilkan emosi saat tekanan darahnya menaik.

4. Sakit Kepala Dan Pusing

Baik bagi penderota hipertensi ringan atau parah akan menimbulkan sakit kepala yang hebat, ini karena tekanan darah yang tinggi dan menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu.

5. Sindrom Metabolic

Merupakan suatu sindrom atau sekelompok sindrom yang mengganggu aktifitas metabolisme tubuh sehingga proses metabolisme tubuh tidak lancar dan mengakibatkan hal lain diantaranya HDL rendah, Meningkatnya lingkar pinggang, Trigiserida yang tinggi dan Insulin yang tinggi.

6. Nyeri Dibagian Dada

Salah satu faktor pemicu jantung ialah hipertensi dan akan mengganggu proses kerja jantung serta terasa nyeri di dada, mengalami kelelahan dan nafas yang tersenggal – senggal.

7. Pembuluh Darah Ateri

Pada umumnya hipertensi akan menyerang pembuluh darah arteri pada bagian tungkai yang akan menyebabkan mudah lelah dan pegal saat berjalan kaki, menimbulkan baal dan kesemutan pada bagian lengan dan tungkai.

8. Retinopati Hipertensif

Salah satu dampak buruk lainnya adalah hipertensi menyerang retinopati yang berarti berhubungan dengan mata. Hipertensi dapat menyebabkan kelainan pada mata atau disebut dengan Retinopati Hipertensi yaitu dimana pembuluh darah kecil yang berada pada mata rusak karena hipertensi dan dapat merusak saraf mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

9. Jantung Dan Denyut Nadi Tidak Teratur

Penyakit hipertensi bisa menyebabkan dampak buruk lain yaitu tidak teraturnya denyut nadi dan jantung dan akan memaksa jantung memopa lebih cepat yang mengakibatkan jantung bekerja secara tidak normal.

10. Kelelahan

Tidak hanya bagi penderita tekanan darah rendah saja yang dapat dengan cepat merasa lelah, penderita hipertensi juga sama halnyadan membuat tubuh merasa tidak memiliki semangat untuk beraktivitas.

Penyakit hipertensi bisa saja dicegah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang cukup, tapi bagi Anda yang sudah terkena hipertensi tidak perlu bingung karena kami mempunyai obat herbal rekomendasi dari para pakar ahli kesehatan . Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel di bawah.

Artikel terkait : Obat Hipertensi Yang Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *