Makanan Sehat Untuk Hipertensi Pulmonal Yang Dianjurkan

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 7

Sebenarnya semua makanan bisa dikatakan sehat apabila tidak mengandung bakteri, virus dan sejenisnya lalu tidak memiliki bahan tambahan yang berlebihan sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Makanan Sehat Untuk Hipertensi Pulmonal Yang Dianjurkan bisa Anda masukan ke dalam menu makanan sehari – hari Anda.

Tapi sebelum membahas mengenai makanan sehat untuk hipertensi pulmonal atau paru kami akan mengulik sedikit tentang penyakit hipertensi pulmonal.

Hipertensi pulmonal atau paru adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya peningkatan resistensi vaskuler pulmonal dan menyebabkan menurunnya fungsi ventrikel kanan oleh karena peningkatan afterload ventrikel kanan.

Penyebab Hipertensi Pulmonal

  • Kelainan autoimun adalah dimana autoimun yang seharusnya melindungi tubuh menjadi terbalik menyerang jaringan di dalam tubuh. Sitem imunitas menjaga tubuh melawan pada apa yang terlihatnya terasa asing.
  • Adanya riwayat penyakit paru interstisial atau obstruktif kronik yaitu kelompok paru yang ditandai dengan alveolitis parenkim dan fibrosis
  • Kelainan jantung
  • Emboli paru rekuren penyumbatan arteri paru – paru oleh suatu embolus yang terjadi secara tiba – tiba.

Daftar Makanan Sehat Untuk Hipertensi Pulmonal Yang Dianjurkan

Gandum

Salah satu makanan sehat untuk hipertensi pulmonal adalah gandum karena memiliki kandungan serat yang tinggi selain itu gandum juga mengandung vitamin B, selenium dan protein yang berguna untuk menjaga dan menstabilkan tekanan darah.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 8

Buah Aprikot

Kandungan kadar garam yang rendah dan zat besi yang sangat tinggi di dalam buah apricot sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita hipertensi maupun hipertensi pulmonal karena dapat menjaga tekanan darah. Sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

buah apricot
Brokoli

Sayuran yang satu baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi pulmonal atau paru karena nutrisi yang terdapat di dalam brokoli seperti vitamin C dan karoten dapat menurunkan tekanan darah dan menangkal virus yang menyeban penyakit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 2
Bayam

Adanya kandungan magnesium yang lumayan tinggi di dalam bayam dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi bayam secara teratur karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan asam urat.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 6
Kacang Kedelai

Magnesium dan kalium yang ada di dalam kandungan nutrusi kacang kedelai berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya resiko penyakit stroke. Anda bisa mengolahnya menjadi tempe atau susu kedelai.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 5
Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini bisa menurunkan dan menjaga tekanan darah serta dapat mengencerkan darah kental. Anda bisa mencapurkan bawang putih ke dalam masakan Anda supaya lebih enak dimakan.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 3
Kentang

Mengkonsumsi kentang bukan hanya baik untuk kesehatan tapi juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Karena kentang mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah hipertensi pulmonal. Kentang juga mengandung magnesium dan potassium yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 4
Pisang

Buah yang berwarna kuning ini bukan hanya manis dan enak dikonsumsi sebagai cemilan tapi juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan hipertensi pulmonal atau paru. Dengan mengkonsumsi pisang secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal 1
Biji Bunga Matahari

Kuaci adalah salah satu makanan ringan yang berbahan dasar biji bunga dan dapat dikonsumsi sebagai cemilan di waktu santai, baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Makanan sehat untuk hipertensi pulmonal

Itulah Makanan Sehat Untuk Hipertensi Pulmonal Yang Dianjurkan dan baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, semoga artikel yang kami bagikan dapat bermanfaat.

Related Post :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *