Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Hipertensi Paru

Menjaga pola makan terlebih untuk orang yang sedang menderita penyakit hipertensi baik biasa atau paru  harus tetap diperhatikan. Makanan yang boleh dimakan penderita hipertensi paru akan kami jelaskan dibawah. Ini akan sangat baik jika oleh penderita hipertensi dimasukan ke dalam menu sehari – hari. Karena salah satu seseorang terkena darah tinggi atau hipertensi adalah karena pola makan yang tidak teratur.

Hipertensi adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat memicu penyakit kronis lainnya sehingga bisa menyebabkan kematian jika tidak segera di atasi. Berikut makanan yang boleh dimakan oleh penderita hipertensi paru :

Baca juga : Obat Hipertensi Paru Untuk Anak

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Hipertensi Paru

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita darah tinggi

1. Sayuran Hijau

Seperti ketumbar dan bayam yang menjadi sumber kalium dan dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, bayam merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan mengandung banyak nurtrisi sehat seperti potasium, folat dan magnesium sebagai bahan utama yang berperan menurunkan darah tinggi. Dan sayuran hijau lainnya adalah seledri yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Tomat

Sayuran merah bulat ini bisa Anda konsumsi menjadi jus tomat atau disatukan menjadi pelengkap dalam masakan Anda. Tomat dapat menurunkan darah tinggi karena kaya akan magnesium, kalsium, vitamin C, D dan E.

3. Susu Skim

Merupakan susu yang bebas lemak dan mengandung kalsium serta vitamin D. Disinilah kedua kandungan itu berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya agar selalu dalam batas normal.

4.  Gandum

Anda bisa mengkonsumsi gandum sebagai pengganti nasi untuk sarapan dipagi hari, gandum sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Terlebih jika gandum dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan darah tinggi.

6. Minyak Zaitun

Adanya senyawa antioksidan yang terdapat di dalam minyak zaitun bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah Anda. Ditemukannya senyawa zaitun hydroxytyrosol yang berasal dari air perasan buah zaitun lalu diolah menjadi minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Biji Bunga Matahari

Sumber magnesium yang cukup ada di dalam biji bunga matahari, Anda juga bisa mendapatkannya dalam kemasan untuk cemilan.

8.  Buah – Buahan Segar

Diantaranya zaitun, tomat, mengkudu dan alpukat menjadi juga sangat baik dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda karena buah – buahan segar memiliki banyak nutrisi baik mineral maupun vitamin.

9. Kedelai

Dalam kedelai terdapat magnesium dan kalium yang sangat baik untuk mengkonsumsi produk susu yang berbahan dasar kedelai atau mengkonsumsi kedelai yang telah dimasak keduanya baik untuk menurunkan darah tinggi.

10. Kentang Putih

Di dalam kentang putih terdapat dua nutrisi penting yang baik untuk tubuh diantaranya potasium dan magnesium sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Disaat kalium di dalam tubuh rendah maka tubuh akan mempertahankan nutrisi tambahan tapi jika terlalu banyak kandungan sodium menjadi percuma saja karena sodium dapat menaikkan tekanan darah tinggi.

11. Pisang

Buah yang berwarna kuning dan memiliki rasa yang manis ini menjadi satu alat untuk menurunkan darah tinggi yang baik dan efisien jika dikonsumsi secara rutin atau menjadikannya cemilan sehari – sehari.

12. Ikan Salmon

Adanya kandungan vitamin dan mineral yang banyak di dalam ikan salmon dapat membantu menurukan tekanan darah tinggi seseorang terlebih jika dikonsumsi sehari – sehari akan menyehatkan untuk tubuh. Dan menjadi makanan terakhir untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Terima kasih sudah berkunjung semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *