Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Bukan rahasia lagi kalau penyakit hipertensi atau darah tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit mematikan seperti kanker, stroke, gagal ginjal dan serangan jantung. Mengkonsumsi obat darah tinggi juga tidak menutup kemungkinan adanya efek samping.

Ada 13 Cara Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Terutama Untuk Wanita Pasca Melahirkan

Hipertensi Setelah Melahirkan

1. Ambil Napas Dalam – Dalam

Bernapas secara dalam – dalam disertai melakukan meditasi seperti yoga, qigong juga tai chi dapat menurunkan hormon stress (renin), enzim dibagian ginjal yang berpengaruh meningkatkan tekanan darah.

2. Jalan Cepat

Melakukan olahraga denga cara jalan cepat dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi hingga 8 mmHg per 6 mmHg. Aktifitas fisik seperti ini dapat membantu penggunaan oksigen di dalam jantung menjadi lebih efisien sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Lakukan setidaknya 30 menit dalam kurun waktu satu minggu hingga adanya peningkatan dalam jarak dan kecepatan berjalan. Tekanan darah serta kesehatan jantung Anda bisa terjaga.

3. Konsumsi Kentang

Linda Van Horn, PhD, RD, Profesor kedokterran preventif di Northwestern University Feinberg School of Medical berkata “Konsumsi buah dan sayur yang kaya potasium dengan jumlah 2.000 hingga 4000 mg perhari, adalah bagian penting dari program penurun tekanan darah apapun”

4. Menikmati Dark Chocolate

Varietas dari dark chocolate mengandung flavanol yang akan membuat pembuluh darah elastis, disebuah penelitian 18% dari pasien yang mengkonsumsi dark chocolate setiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Konsumsi setengah ons dark chocolate setiap harinya, tapi pastikan dark chocolate mengandung 70% kakao.

5. Dengarkan Musik

Dengan memilih lagu – lagu yang tepat dapat menurunkan tekanan darah, seperti di University of Florence, Italia mengungkap bahwa, 28 orang dewasa yang sudah meminum obat hipertensi kemudian mendengarkan musik klasik, india atau celtic selama 30 menit setiap harinya sambil bernapas secara perlahan. Setelah satu minggu, kadar sistolik mereka turun rata -rata sebesar 3,2 poin dalam sebulan kadarnya turun hingga 4,4 poin.

6. Kurangi Asupan Garam

Kebayakan pasien penderita hipertensi adalah mereka yang sering mengkonsumsi garam lebih dari yang seharusnya atau mereka yang tekanan darahnya sensitif terhadap garam. Karena tidak ada cara untuk mengetahui apakah seseorang sensitif terhadap garam maka asupan sodiumnya harus diturunkan.

7. Batasi Pekerjaan

Bekerja secara berlebihan dapat memicu timbulnya hipertensi, seperti Irvine yang bekerja lebih dari 41 jam per minggu menimbulkan hipertensi sebesar 15 persen. Begitu juga dengan bekerja lembur, memang sangat sulit untuk mengurangi jam bekerja pada saat seperti ini, tapi tidak ada salahnya menyempatkan waktu ke gym atau berolah raga dan makan makanan sehat.

8. Minum Teh

Mengkonsumsi 3 cangkir teh kembang sepatu setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 7 poin setelah enam minggu rutin meminumnya. Fitokimia yang berada pada kembang sepatulah yang berperan dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Kembang sepatu banyak terkandung dalam teh herbal.

9. Beralih Ke Kopi Tanpa Kafein

Bahwa mengkonsumsi kopi berkafein 500mg atau setara tiga cangkir kopi tekanan darah meningkat sebanyak 4 mmHg dan jumlah ini berpengaruh saat tidur.

10. Konsumsi Suplemen

Koenzim Q10 dapat menurunkan tekanan darah hingga 17 mmHg, karena antioksidan yang dibutuhkan untuk produksi energi dalam tubuh bisa melebarkan pembuluh darah. Sebaiknya konsultasi kepada dokter berapa miligram suplemen yang harus dikonsumsi setiap harinya.

11. Kurangi Minuman Beralkohol

Semakin sedikit Anda mengkonsumsi alkohol maka semakin rendah tekana darah Anda, takaran minuman tersebut ialah 12 ons bir, 1,5 ons spirit dan 5 ons anggur. Penelitin alain menyebutkan bahawa meminum sedikit alkohol dapat menurunkan resiko mengalami penyakit jantung pada pria dan wanita.

12. Ganti Karbohidrat Dengan Kedelai

Mengganti karbohidrat dalam menu diet yang mengandung kedelai atau susu berprotein seperti, susu rendah lemak bisa untuk menurunkan tekanan darah.

13. Cari Bantuan Apabila Mendengkur

Mendengkur adalah salah satu gejala sleep apnea (OSA). University of Alabama mengungkap bahwa penderita sleep apnea memiliki kadar aldoseteron yang tinggi. Aldoseteron yaitu hormon yang dapat menyebabkan seseorang menderita darah tinggi.

Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi obat herbal dan dapat mengobati penyakit hipertensi serta tidak menimbulkan efek samping bisa meminum QnC Jelly Gamat. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa KLIK DISINI.

Demikian informasi Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan , Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *